Wednesday, March 18, 2015

While Living in Japan..

Assalamualaikum, udah lama ga nulis2 lagi niy di blog ini :p, maklum sekarang lebih seringnya ngeposting di path, ig atau fb hehehe..Yup kali ini mood untuk menulis tiba2 aja ada jadilah pengen ngepost di blog ini:D. Mau cerita pengalaman Mama Rasya sama Rasya selama 3 bulan tinggal di negri sinchan, loh kok cuma 3 bulan? Iya karena sekarang kami berdua lagi pulang ke Indonesia untuk urus2 yang harus diurus, tsahhh gaya bener..baiklah yuk ahh dimulai..
                                                                              
Pertama kali kami di Jepang kebetulan musimnya lagi mau masuk winter, jadi hawanya dingin2 sejuk gitu *belum dingin amat siy. Si Rasya seneng banget sama hawa dingin, sesampainya disana dia bisa bobo tanpa harus disusuin tapi tiba2 aja gitu bobo di pangkuan papanya hahaha *magic* mungkin saking keenakannya dingin sama dipangku kali ya hihi. Butuh waktu untuk saya bisa beradaptasi disana, adaptasi sama apato yg cuma seuprit, suhu yang dingin dan terutama bahasa orang2 sana yang saya sama sekali ga ngerti hahahaha *katanya udah les mana niy hasilnya, nihil sodara2 hahaha..yup paling untuk sekedar membeli sesuatu ke supermarket bisa lah ya atau sekedar nanya tempat :D *hihi gitu doank..                  
Karena apato yang kami tinggali sebenarnya merupakan apato untuk perorangan bukan untuk keluarga jadi saya rada deg2an karena takut klo nanti Rasya berisik bakal ada orang yang komplain, karena katanya orang2 disana ga suka berisikkk *waduhh.. Papa Rasya slalu ngasi tau kalau udah malem usahain jangan berisik, tapi kan namanya anak kecil sukanya teriak2 atau ngoceh2 sendiri yah hmmm. Tapi yah gitu Mama sama Rasya slalu berusaha untuk ga berisik gimanapun caranya :)) yah tapi tetep aja siy kami berdua suka keceplosan bikin kegaduhan :)).                                                    

Hal baru lain yang harus saya hadapi adalah kan sekarang Mama Rasya udah jadi full time mom yah dan tinggal hanya bertiga so Mama Rasya harus ngerjain semua pekerjaan rumah tangga sendirian:( awalnya siy ngerasa kayak ga sanggup yah karena kan belum biasa tapi si Papa slalu nyemangatin dan alhamdulillah Mama Rasya jadi tahan banting:)) semua pekerjaan bisa dikerjain yeay! Untuk urusan masak-memasak alhamdulillah lancar selama disana hehe biarpun suka asal2 aja masuk2in bumbu dan bahan yang terbatas wkwkwk..yaahh tp si Papa sama Rasya alhamdulillah doyan dan mau makan:D *entah karena dingin jadi laper atau karena emang enak hahaha..yah gitu Deh.       
Kegiatan masak-memasak selama disana  :D
Assisten cilik yang suka bantuin mama masak








                                                                                                                                                                                                 
Tempat kami tinggal bernama Kozoji, banyak orang berpikir "wahh enak yaa bisa tinggal di Jepang, wahh enak ya bisa jalan kesini kesitu, waah asik yaa pasti bagus banget kotanya bersih blablabla..memang siy teratur, bersih, rapi tapi disini harus hidup mandiri dan harus irit! Yup karena harga kebutuhan disini mahal banget. Dan daerah yang saya tinggali merupakan sebuah desa bukan kota :)) tapi biarpun desa tetapi disini ada mall nya loh dan semua fasilitasnya sudah modern, berbeda sekali dengan di endonesahh. Disini juga lebih banyak kakek2 dan nenek2nya :D setiap pergi keluar pasti banyak dari mereka yang sedang naik sepeda dan berjalan kaki, masi kuat2 loh padahal sudah tua hehe dan mereka ramah2 sekali setiap saya sama Rasya berpapasan mereka selalu menyapa dan kadang suka godain Rasya atau menasehati sesuatu *tapi Mama Rasya ga ngerti jadi manggut2 aja gitu sok tahu hahaha..
Pemandangan di sekitar Kozoji🏡🏠
Selain hal2 yang disebutkan diatas, pernah loh Mama Rasya merasa ga punya temen gitu sedih deh :( *sedikit curcol haha iya beneran sampe2 ngerasa ga betah gitu..akhirnya si Papah nyuruh Mama Rasya nyari2 temen di fb atau dari medsos lain..alhamdulillah setelah cari2 dan sok kenal akhirnya dapet deh teman untuk berbagi *kayak anak sekolahan baru pertama kali masuk sekolah aja haha. Bersyukur banget teman2 yang Mama Rasya dapet baik2 :), ada yang dari kenalan di fb dan ada juga yang kenalan waktu pergi ke Nagoya Mosque..pokoknya semuanya baik hati dan tidak sombong dan suka menabung *loh hahaha..Alhamdulillah dengan nanya2 sama temen2 yang udah lama tinggal di Jepang, saya jadi tau seluk beluk Jepang *halah hahaha..Arigatou untuk teman2 :D. Bahkan ada salah seorang teman yang saya kenal melalui fb yang bernama mba Tika, she is so kind mau berbagi cerita di sela2 kesibukannya dan bersama keluarganya pernah mengajak kami pergi bareng ke tempat ski di Hiraya Kougen :). Dan ada juga Bunda Shinji dan Teh Usi yang suka cerita2 juga dan banyak membantu ngasi informasi , arigatou minna:) Yup itulah sekilas cerita tentang beberapa teman yang tinggal di Jepang :). 

Selanjutnya Mama Rasya pengen cerita tentang apalagi yah, hmm oiya selama disana saya seneng banget karena disana banyak Matchaaa!!Yup saya adalah pecinta matcha, pokoknya setiap ada yg ijo2 langsung deh matanya ngelirik hahaha..eh tapi disana ga boleh beli sembarangan snack atau minuman karena ternyata suka mengandung bab1, jadi si Papah suka wanti2 tuh danslalu ngasi tau mana yang halal dan mana yang haram..Nah hal itu juga yg kadang bikin suka bingung, karena kegiatan masak-memasak bahannya juga terbatas..*kebetulan di daerah kami tinggal bahan makanan halal agak jarang..tapi alhamdulillah ada satu supermarket yang menjual beberapa ayam halal dan makanan ringan halal:). 

Berjalan kaki menuju supa 😄
Apato tempat kami tinggal kebetulan tidak terlalu jauh dari eki (statiun) jadi gampang kalo bepergian tetapi agak jauh klo ke supa (supermarket)..karena belum punya kendaraan jadi kami harus berjalan kaki :D..dan selama beberapa bulan disana karena sering jalan kaki dan gendong Rasya, Mama Rasya berat badannya turun banyak loh hahahaha *seneng siy tapi capek juga, kadang badan berasa kayak abis digebukin :)) yah itulah perjuangan hidup di sana..seru siy banyak pengalaman baru hehehe..yup kira2 segitu dulu yah ceritamamarasya kali ini, kita lanjut besok lagi *semoga ada mood buat nulis lagi hehe..sekian..:) Wassalamualaikum..


1 comment: